Resep Tempe Mendoan Renyah dan Gurih

Resep Tempe Mendoan dapat menjadi pilihan tepat sajian kuliner berbahan utama tempe. Rasanya yang enak dan gurih membuat peminat tempe mendoan semakin banyak.

Anda pasti sering menikmati gorengan tempe Renyah dan Gurih berbalut terigu yang banyak dijual di pasaran. Rasa Resep Tempe yang gurih dipadu dengan lapisan terigu yang renyah membuat jenis makanan ini selalu diburu pecintanya. Apalagi bagi yang menyukai rasa pedas, beberapa irisan cabai rawit dapat menambah cita rasanya menjadi semakin spesial. Bagi pecinta gorengan tempe, Tempe Mendoan dapat menjadi pilihan tepat yang tidak kalah lezat.  Resep ini menggunakan bahan utama berupa tempe yang diberi bumbu tradisional dengan rasa istimewa.

Bagi pecinta kuliner asli Indonesia, Resep tempe mendoan pasti sudah tidak asing lagi. Resep Indonesia ini dikenal berasal dari salah satu daerah di Jawa Tengah yaitu Banyumas yang menjadi makanan khasnya. Walaupun begitu, kelezatan tempe mendoan telah dikenal hingga ke daerah-daerah di sekitarnya. Di wilayah Purwokerto dan Cilacap kita juga dapat menemukan makanan yang satu ini. Oleh karena itu, sajian ini sering dinikmati dalam keadaan hangat bersama dengan Nasi atau cemilan yang sehat. Pecinta tempe mendoan semakin meningkat seiring dengan dikenalnya makanan ini ke berbagai daerah.

Resep tempe mendoan dikenal berasal dari Banyumas karena penamaannya yang menggunakan bahasa daerah. Nama mendoan berasal dari kata “Mendo” yang berarti setengah matang. Penamaan ini sesuai dengan karakter yang dimiliki oleh makanan ini. Tempe mendoan dibuat dengan mencampurkan irisan tempe yang tipis dengan adonan tepung terigu. Setelah itu, tempe berbalut terigu tersebut digoreng hingga setengah matang. Inilah yang membedakan tempe mendoan dengan jenis gorengan tempe lainnya. Jika gorengan tempe dimasak hingga matang, tempe mendoan hanya dimasak hingga setengah matang saja. Dengan begitu, cita rasa yang dihasilkan oleh tempe mendoan tentu akan berbeda dengan gorengan Tempe Bacem yang biasa.

Untuk membuat sajian sesuai resep tempe mendoan, maka digunakan tempe khusus mendoan. Tempe ini memiliki irisan tipis yang dibungkus dengan daun pisang. Bungkusan tempe yang menggunakan daun pisang tentu memberikan aroma yang khas pada Tempe mendoan. Itulah yang membuat rasa tempe mendoan menjadi spesial. Tidak hanya bahannya saja yang spesial, penyajiannya tempe mendoan juga berbeda dengan gorengan tempe. Jika gorengan tempe dilengkapi dengan cabai rawit sebagai pelengkapnya, maka tempe mendoan memiliki sambal khusus. Sambal tersebut mirip dengan sambal kecap, namun diberi bumbu tambahan. Apakah Anda penasaran untuk membuat tempe mendoan? Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuatnya.

 

5 from 1 reviews
Tempe Mendoan Renyah dan Gurih
 
Prep time
Cook time
Total time
 
Bahan / Bumbu :
Bahan utama:
  • 10 buah irisan tempe
  • 1 sendok makan tepung beras
  • 250 gram tepung terigu
  • 400 ml air
  • 2 batang daun bawang, diiris tipis
  • Minyak goreng secukupnya
Bahan bumbu:
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • ¾ sendok teh ketumbar
  • 1 sendok teh bumbu kaldu
  • Garam secukupnya
Bahan sambal:
  • 1 siung bawang putih, dihaluskan
  • 4 buah cabai rawit, dipotong-potong kecil
  • 5 sendok makan kecap manis
  • ⅛ sendok teh garam
Cara Memasak :
  1. Pertama dalam membuat tempe mendoan adalah campurkan tepung terigu, tepung beras, dan air ke dalam satu wadah. Setelah itu, aduk hingga merata dan tidak menggumpal.
  2. Selanjutnya, haluskan bumbu yang terdiri dari kencur, ketumbar, bumbu kaldu, dan garam menggunakan ulegan tradisional.
  3. Kemudian, Anda bisa mencampurkan adonan tepung dengan bumbu halus, aduk hingga merata.
  4. Tambahkan daun bawang pada adonan. Aduk rata kembali.
  5. Celupkan irisan tempe pada adonan tepung sampe seluruh permukaannya tertutup.
  6. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
  7. Goreng tempe yang sudah diberi adonan terigu hingga setengah matang.
  8. Angkat dan tiriskan sejenak.
  9. Untuk sambal kecap, campurkan semua bahan lalu aduk hingga merata.
  10. Tempe mendoan siap disajikan dengan sambal kecap.

Betapa lezatnya, sajian dari resep tempe mendoan Renyah dan Gurih. Walaupun sajian ini termasuk jenis makanan tradisional, namun rasa lezat yang dimilikinya tidak kalah bersaing dengan jenis makanan lain. Paduan tempe dengan terigu yang kenyal juga sambal kecap dengan rasa manis dan pedas membuat sajian ini terasa lengkap. Lapisan terigu tempe mendoan dapat dibuat lebih kering jika Anda menyukai olahan tempe yang renyah. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggorengnya dalam waktu lebih lama atau hingga berwarna kuning kecokelatan. Anda pun akan mendapatkan sajian tempe mendoan yang renyah dan gurih. Makanan ini dapat disajikan dengan air teh hangat atau sebagai pelengkap nasi.

Baca Juga : Resep Ayam Pop dan Resep Ayam Kentaki

Jika Anda merasa bosan dengan olahan tempe yang monoton dan tidak bervariatif, maka resep tempe mendoan dapat menjadi pilihan yang tepat. Cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah. Siapkan bahan yang diperlukan, lalu buatlah sesuai resep. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan sajian tempe mendoan yang gurih dan renyah. Selamat berkreasi di dapur membuat tempe mendoan!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rate this recipe: