Resep Pie Coklat

Resep Pie Coklat – Kue pie merupakan jenis pastry populer di negara Amerika. Hidangan kue panggang ini konon ditemukan sejak zaman Mesir kuno. Tepatnya ketika zaman Romawi dan abad pertengahan, kue pie digunakan untuk pembungkus Daging serta bahan lainnya supaya lembab ketika dimasak serta isinya agar kedap udara sehingga tidak mudah basi. Di Indonesia, pie cukup terkenal, dimana hidangan pie sering disajikan ketika hari Lebaran dan Natal. Adapun hidangan kue pie yang sering disajikan ketika hari Natal dan Lebaran adalah resep pie cokelat, karena anak-anak suka cokelat dan kue pie cokelat menjadi hidangan terlaris.

Sebenarnya kue pie zaman dulu berbeda dengan kue pie saat ini seiring dengan perkembangan inovasi di bidang kuliner. Kulit pie diciptakan sedemikian rupa, yaitu kulit yang padat dan keras karena terbuat dari tepung terigu yang diolah terlebih dahulu hingga kalis, sehingga kulit pie dan isinya bisa dikonsumsi bersama. Berkat keunikan cita rasanya pun, isian kue pie dibuat berbeda-beda. Resep pie cokelat merupakan Resep Masakan Indonesia yang cukup terkenal di kalangan ibu rumah tangga. Pasalnya bahan cokelat mudah ditemukan dan bahan dasar pembuatan Kue Kering ini relatif terjangkau harganya.

Pembuatan resep pie cokelat memang membutuhkan kesabaran ketika mengolah adonannya untuk dijadikan kulit. Dengan begitu, Anda harus teliti agar kulit kue pie tidak rusak. Meskipun membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama, proses pembuatan kue pie coklat cukup mudah yang terpenting rasanya disukai oleh keluarga. Jika Anda bisa menghasilkan kue pie cokelat yang enak dan rasanya berbeda dengan yang dijual di pasaran, Anda bisa menjajakan kue pie cokelat ini. Sehingga selain bisa dinikmati oleh keluarga, Anda juga akan mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut cara membuat kue pie cokelat yang mudah.

5 from 1 reviews
Resep Pie Coklat
 
Prep time
Cook time
Total time
 
Bahan / Bumbu :
Bahan kulit dan resep pie cokelat:
  • 1 ½ sendok makan keju parmesan
  • ¼ sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 50 gram gula tepung
  • 200 gram tepung terigu yang protein sedang
  • 70 gram mentega tawar dingin
Bahan olesan kue pie cokelat:
  • 1 butir telur yang sudah dikocok
Bahan isi kue pie cokelat:
  • ¼ sendok teh cokelat pasta
  • 200 ml susu cair
  • 75 gram gula pasir
  • 2 sendok makan cokelat bubuk
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan maizena
Cara Memasak :
  1. Pertama-tama campurkan tepung terigu, garam, gula, mentega tawar, telur dan keju parmesan, sambil diaduk sampai merata. Simpan dalam lemari es 30 menit.
  2. Kemudian giling adonan kira-kira tebalnya ½ cm dan cetak di dalam cetakan kue pai cokelat bulat dengan pendek diameter 7 cm dan tingginya 1 ½ cm.
  3. Selanjutnya tusuk dengan menggunakan garpu lalu oleskan kocokan telur. Masukkan ke dalam oven dengan api dibawah suhu 170 derajat celcius sekitar 20 menit dan masak sampai matang dan sisihkan.
  4. Selanjutnya untuk pembuatan isi, masak susu cair, cokelat bubuk, gula pasir, telur dan maizena sambil diaduk sampai meletup letup dan tambahkan cokelat pasta sambil diaduk merata dan tuangkan ke dalam pai.
  5. Proses terakhir, oven pai dengan menggunakan api suhunya sekitar 160 derajat atau 25 menit sampai matang.

Terdapat beberapa tips untuk membuat kue pie cokelat renyah, empuk dan nikmat. Karena panas pada tubuh melalui tangan bisa membuat mentega meleleh sehingga membuat kue pie cokelat tidak renyah maka usahakan sesedikit mungkin memegang adonan agar hasil kuenya renyah. Bila mengharuskan untuk memegang adonan kue, sebaiknya hanya memegang dengan ujung jari saja. Selanjutnya jika dalam membuat pie cokelat sudah menggunakan mentega atau margarin yang sudah asin, maka Anda tidak perlu lagi menambahkan garam. Kemudian Anda harus pastikan semua adonan tercampur dengan rata supaya kue tidak bantat.

Keberhasilan dalam membuat kue pie coklat adalah ketika kue pie cokelat tersebut mempunyai rasa enak, tekstur isian lembut, kulit yang renyah namun tetap empuk. Untuk meminimalisir kulit pie yang kurang renyah maka buatlah kulit pie yang tipis saja, sebab kulit pie cokelat yang tebal hasilnya kurang maksimal dan tidak lezat. Ketika mengaduk adonan menggunakan mixer, sebaiknya kecepatan mixer yang sedang hingga merata dan jangan sampai berbusa. Jika berbusa, bisa dikatakan adonan sudah matang dan kurang baik jika digunakan untuk membuat kue pie. Selanjutnya jangan lupa untuk menyaring adonan supaya ampas tidak merusak bentuk dan rasa kue pie cokelat.

Baca Juga : Cara Membuat Kue Nastar dan Resep Kentang Goreng KFC

Nah, tidak sulit bukan membuat kue cokelat? Bagi Anda yang baru saja ingin mencoba membuat kue pai cokelat, sebaiknya siapkan bahan dan takaran seperti di atas. Hal ini bertujuan supaya hasil kue yang Anda buat rasanya enak dan sempurna. Selain itu, jangan sampai meninggalkan salah satu proses diatas, lakukan secara sistematis supaya pembuatan kue pai tidak sia-sia, selamat mencoba.