Resep Lemper Abon Gurih dan Enak

Resep Lemper Abon Gurih dan Enak mudah dibuat. Lemper merupakan makanan khas Jawa Tengah. Memang Indonesia selalu menarik dengan kuliner nusantara yang tak tertandingi rasa dan keanekaragamannya. Lemper sendiri sebetulnya merupakan makanan Tradisional namun hingga detik ini masih banyak diminati dan disajikan dalam berbagai acara penting dan resmi seperti pernikahan dan khitanan. Bagi masyarakat desa atau daerah, lemper seolah menjadi makanan yang wajib disajikan dalam acara resmi tersebut.

Bahan utama dari lemper adalah ketan. Lalu, apa yang istimewa dari lemper ini adalah tampilannya dan isi lemper yang special. Kue lemper ini dibalut dengan daun hijau yang masing-masing ujungnya disekat dengan lidi. Yang membuat kue ini begitu enak selain dari ketannya yang pulen dan gurih adalah isi lemper. Isi lemper ini bisa berupa abon, ada abon sapi dan ayam. Abon ini terbuat dari daging Ayam atau sapi yang disuwiri kecil-kecil kemudian dimasak hingga berwarna kecoklatan dengan rasa yang tak kalah gurih.

Jika dulu sudah saya bahas Resep lemper ayam. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai resep lemper abon yang enak. Banyak orang masa kini yang kesulitan membuat lemper, padahal mereka suka. Sebetulnya lemper ini proses pembuatannya mudah, hanya saja membungkusnya yang membuat orang kesulitan karena harus kencang supaya menarik. Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan untuk membuat lemper sederhana dan mudah ditemukan karena bisa dibeli dimana saja.

Sebelum berlanjut pada resep lemper abon, perlu Anda persiapkan daun pisang dengan benar. Pilih daun pisang kluthuk karena lemas sehingga mudah dibentuk untuk membungkus lemper. Petik daun pisang yang masih segar kemudian jemur di bawah matahari hingga daun lemas. Setelah itu, ambil daunnya saja dan potong menjadi lembaran kecil secukupnya. Sebelum digunakan, bersihkan terlebih dahulu daun pisang tersebut.

5 from 1 reviews
Lemper Abon Gurih dan Enak
 
Prep time
Total time
 
Bahan / Bumbu :
  • 1 buah daun pandan
  • 1 liter beras ketan
  • 350 ml santan kelapa
  • ¼ sendok garam atau secukupnya
  • Abon sapi atau ayam secukupnya
  • Daun untuk membungkus
  • Batang daun pisang pendek saja
  • Lidi secukupnya
Cara Memasak :
  1. Cuci terlebih dahulu beras ketan yang sudah disiapkan tadi hingga bersih dengan air yang mengalir. Cucilah beras ketan sampai benar-benar bersih.
  2. Siapkan sebuah panci lalu masukkan ari ke dalamnya lalu tuangkan beras ketan ke dalamnya. Masaklah beras ketan seperti ketika Anda memasak nasi sampai matang, kurang lebih 15 menit. Tuangkan santan kelapa, garam dan daun pandan ke dalam beras ketan tadi kemudian aduk hingga rata.
  3. Masaklah olahan tadi hingga matang, santan dan air terserap oleh beras ketan sehingga beras ketannya setengah matang.
  4. Pindahkan beras ketan ke dalam dandang dan kukuslah selama 20 menit, atau sampai beras ketan benar-benar matang. Jika sudah matang, angkat dan biarkan dingin sampai tangan Anda kuat menyentuhnya.
  5. Setelah beras ketan dingin, ambillah sedikit beras ketan kemudian isikan abon ke dalamnya dan bentuk menjadi bulatan agak lonjong. Buatlah bulatan hingga adonan habis.
  6. Persiapkan daun untuk membungkus, letakkan adonan bulatan tadi ke dalamnya dan bungkus dengan menggulung bulatan hingga bentuknya lonjong. Tusuk-tusuk bagian ujungnya dengan batang daun pisang supaya rata.
  7. Kencangkan bagian ujungnya dengan lidi. Caranya dengan menusukkan lidi pada bagian ujung atas dan kiri.
  8. Lakukan hal tersebut sampai bulatannya habis.
  9. Setelah itu, kukus kembali lemper yang sudah terbungkus kembali supaya lebih lemas dan empuk, serta daunnya meresap.

Memang kelihatannya rumit karena harus berulang kali memasak, mengukus dan sebagainya. Tapi satu hal yang membuatnya terlihat semakin ribet adalah waktu yang dibutuhkan untuk membuat lemper memang cukup lama. Apalagi kalau pembuatannya dalam jumlah besar seperti untuk acara hajatan. Oleh karena itulah, warga desa sering bergotong royong membuat lemper. Hal ini juga membuat mereka semakin erat kekerabatannya dan salah satu cara bersosialisasi di kampung.

Lemper ini paling pas dan enak jika disajikan ketika masih hangat, ketannya terasa begitu gurih dan abonnya begitu nikmat saat baru matang. Meskipun begitu, lemper saat sudah dingin pun tetap enak. Makanan yang satu ini merupakan camilan sehat mengenyangkan. Anda bisa menyajikannya di rumah dengan membuat dalam porsi kecil. Resep tadi digunakan untuk lemper sebanyak 30 porsi, porsi kecil.

Baca Juga : Resep Donat Dunkin dan Resep Donat Singkong

Kandungan gizi dalam lemper begitu kompleks. Beras ketan mengandung protein, kalori, karbohidrat dan lemak yang rendah. Selain itu, terdapat pula vitamin B6 yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Tak hanya itu, abon yang terbuat dari daging jelas memiliki kandungan gizi yang luar biasa, dimana dagingnya mengandung karbohidrat, lemak dan protein yang dibutuhkan tubuh. Demikian ulasan mengenai resep lemper abon yang enak, semoga bermanfaat.