Resep Kue Lapis Susu

Resep Kue Lapis Susu Lezat dan Bergizi enak. Kuliner Indonesia memang selalu menarik dengan variasi rasa yang beranekaragam. Tak heran jika orang mancanegara begitu menyukai makanan khas Indonesia. Ada beragam makanan khas nusantara, salah satunya adalah kue lapis. Kue lapis ini banyak disukai oleh masyarakat luas, dan bisa dikatakan sebagai makanan tradisional yang tak lekang oleh waktu karena hingga detik ini masih mudah dijumpai dan diminati. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti suka kue lapis.

Kue lapis merupakan makanan yang banyak tersebar di seluruh penjuru nusantara, artinya ada beragam versi kue lapis, tergantung dari daerah asalnya. Intinya kue lapis adalah Kue Basah yang terdiri dari berbagai lapisan dengan warna berbeda, hal inilah yang membuat kue lapis begitu berbeda dan menarik dibandingkan yang lainnya. Dari sekian banyak kue lapis, ada satu kue lapis yang sangat digemari dan pasarannya sudah sampai ke penjuru nusantara. Kue lapis susu berasal dari Kalimantan Barat, rasanya manisnya berasal dari susu. Selain susu, kue ini juga terasa legit dan gurih karena penggunaan menteganya.

Kue basah lapis asal Kalimantan Barat ini juga disebut kue lapis legit. Terlihat indah dengan lapisan kue yang berlapis-lapis dan warna berbeda, membuat kue tersebut sangat enak. Kelihatannya sulit membuat kue yang satu ini, tapi sebenarnya sederhana saja. Inilah resep kue lapis susu yang akan dibagikan pada kesempatan ini. Dijamin, Anda pasti menyukainya, apalagi anak-anak pasti suka dengan rasa legit, gurih, dan manis dari susunya. Persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan.

Resep Kue Lapis Susu
 
Prep time
Cook time
Total time
 
Resep kue lapis susu asal Kalimantan barat begitu digemari oleh masyarakat Indonesia dari berbagai penjuru daerah. Rasanya yang begitu legit, gurih dan manis
Author:
Recipe type: Resep Kue
Cuisine: Asia
Serves: 5
Bahan / Bumbu :
  • 400 gr mentega
  • 50 gr tepung terigu yang berprotein rendah
  • 125 gr gula pasir halus
  • 20 butir telur
  • ½ kaleng susu kental manis yang putih
  • ½ sendok teh pasta
Cara Memasak :
  1. Kocok terlebih dahulu mentega dengan gula halus dengan mixer hingga adonan terlihat lembut. Kocok dalam wadah yang cukup besar sehingga adonan tidak kotor kemana-mana.
  2. Pastikan adonan benar-benar lembut. Selanjutnya masukkan telur yang diambil kuningnya saja (bagian putih telurnya tidak digunakan). Kocok dengan kecepatan sedang saja dan adonan terlihat merata.
  3. Kemudian masukkan susu kental manis putih ke adonan tadi sedikit demi sedikit, adonan sambil terus diaduk. Lakukan sampai susu kental manisnya habis dan adonan terkocok rata.
  4. Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan tepung terigu yang sudah dibersihkan, selanjutnya masukkan tepung sambil terus diayak supaya adonan tidak menggumpal. Tepung dimasukkan sembari terus mengocok adonan sampai rata.
  5. Tahap ini, sampailah Anda pada fase mewarnai adonan. Supaya kue lapis terlihat menarik, Anda harus membagi adonan menjadi beberapa bagian untuk diberi warna berbeda. Bagilah adonan menjadi dua, satu adonan untuk warna cokelat dan satunya lagi warna putih.
  6. Sebelum memanggang adonan, persiapkan terlebih dahulu Loyang kue berukuran standar dan oven. Oleskan terlebih dahulu mentega pada Loyang kemudian letakkan kertas roti di atasnya supaya kue tidak lengket.
  7. Proses selanjutnya inilah yang sangat penting dan memang membutuhkan kesabaran. Pangganglah adonan kue putih dan cokelat secara bergantian supaya membentuk lapisan kue berbeda warna. Misalnya Anda memulai dengan adonan putih, masukkan adonan putih pada Loyang (jangan terlalu tebal) kemudian panggang selama 5 menit dengan suhu oven 150 derajat celcius. Tuangkan adonan warna cokelat dan begitu seterusnya hingga semua adonan membentuk lapisan-lapisan kue.
  8. Habiskan semua adonan kue, setelah habis maka Anda hanya perlu menunggu lapisan adonan terakhir matang.
  9. Tiriskan dan tunggu hingga dingin. Setelah itu, Anda bisa memotongnya sesuai selera. Kue lapis susu pun siap disajikan.
Nutrition Information
Serving size: 12 Calories: 163g Protein: 13g

Untuk warna-warna yang digunakan tidak harus cokelat atau mocca, Anda bisa membuat variasi warna lainnya. Tapi memang kue lapis susu kebanyakan yang beredar di pasaran berwarna coklat. Tapi Anda bisa membuat inovasi baru yang mana tampilannya lebih segar dan menarik. Oh ya, untuk sekedar catatan, sebelum meletakkan adonan kue selanjutnya tekat-tekat terlebih dahulu lapisan kue yang sudah matang supaya lapisan kuenya lebih padat dan terlihat rapi.

Kue lapis susu ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan mengenyangkan bersama keluarga atau kerabat dekat. Sajikan kue lapis saat pagi hari sebagai menu sarapan bersama susu, simple tapi tetap mengenyangkan. Atau jika Anda tiba-tiba lapar, kue lapis susu ini sangat pas Anda konsumsi. Tanpa embel-embel apapun atau makanan lain, kue lapis susu ini sudah enak dimakan apa adanya.

Baca Juga : Resep Donat Singkong dan Resep Pisang Goreng Pasir

Kelihatannya memang rumit membuat kue lapis susu yang satu ini, tapi yang membuat rumit sebenarnya proses pelapisan yang dilakukan harus bergantian sehingga sering masuk keluar oven. Tentunya butuh waktu yang tidak singkat dan kesabaran si pembuat. Tapi kalau sudah jadi pasti Anda puas karena bisa membuatnya sendiri. Proses pembuatan resep kue lapis susu yang lama inilah sehingga membuat harganya cukup mahal.