Resep Gulai Ikan Kakap

Resep Gulai Ikan Kakap – Sajian gulai ternyata tak hanya lezat dengan menggunakan bahan dasar daging-dagingan saja. Tetapi, Anda juga bisa mengubah sajian gulai dengan bahan dasar ikan yang tentunya mengandung lemak yang lebih sedikit. Nah, bagi Anda yang tidak ingin mengolah gulai daging karena lemaknya yang sangat tinggi, sebagai solusinya Anda bisa membuat gulai yang berbahan dasar ikan. Ikan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dengan kandungan lemak yang lebih sedikit dibandingkan daging dan tentunya sehat.

Gulai Ikan Kakap merupakan salah satu olahan masakan gulai yang nikmat. Gulai biasanya menggunakan bahan daging-dagingan, seperti daging sapi, kambing, dan ayam. Namun, selai itu ternyata ikan kakat juga bisa dan lezat dijadikan olahan masakan gulai. Tentu saja olahan gulai berbahan dasar ikan lebih memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan daging sebagai bahan pembuatannya. Daging memiliki lebih banyak kandungan lemak, nah untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat menggantinya dengan ikan kakap.

Selain gulai, ada juga menu Ikan bakar kecap. Gulai saat ini memang sedang menjadi primadonanya kuliner di Indonesia. Gulai ikan memang terbilang cukup jarang, namun apa salahnya jika Anda mencoba resep gulai ikan untuk bisa dinikmati bersama keluarga tercinta. Anda bisa menggunakan jenis ikan apa saja yang Anda sukai. Namun, biasanya ikan yang paling cocok dijadikan sebagai sajian gulai ini adalah ikan kakap dan ikan tongkol. Anda bisa memilih salah satu dari keduanya yang Anda inginkan. Nah, untuk membuat gulai ikan sebenarnya bisa diolah dagingnya atau bisa juga diolah kepalanya. Namun, keduanya pun bisa Anda coba sesuai selera yang diinginkan.

Untuk kali ini kita akan menyajikan resep gulai ikan kakap Resep Masakan Indonesia terlebih dahulu untuk Anda semua dengan langkah-langkah sebagai berikut ini:

5 from 1 reviews
Resep Gulai Ikan Kakap
 
Prep time
Cook time
Total time
 
Gulai Ikan Kakap merupakan salah satu olahan masakan gule yang nikmat. Gulai biasanya menggunakan bahan daging-dagingan, seperti daging sapi, kambing, dan ayam.
Serves: 2
Bahan / Bumbu :
Bahan-bahan yang digunakan:
  • 1 ekor ikan kakap atau sebanyak 350 gram
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • 500 ml santan
  • 8 buah cabai rawit merah
  • gula pasir secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • 4 siung bawang merah
  • ½ cm jahe
  • 4 buah cabai merah keriting
Cara Memasak :
  1. Pertama-tama lumuri ikan terlebih dahulu dengan menggunakan air perasan jeruk nipis, diamkan selama 10 menit, lalu cuci sampai bersih, lalu tiriskan.
  2. Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng ikan yang sudah dilumuri jeruk nipis tadi hingga matang, setelah itu angkat lalu tiriskan.
  3. Panaskan minyak untuk menumis dalam wajan, lalu masukan semua bumbu halus berikut daun jeruk, lengkuas, daun salam dan serai dan masak sampai tercium aroma harum.
  4. Masukan santan kemudian masak dengan api kecil sembari diaduk sampai mendidih.
  5. Tambahkan ikan, lalu beri garam dan gula secukupnya sambil diaduk. Masak terus hingga semua bumbu meresap.
  6. Sebelum diangkat, tambahkan cabe rawit.
  7. Gulai ikan kakap pun siap disajikan untuk keluarga.
Notes
Resep gulai ikan bisa menjadi pilihan keluarga bagi Anda yang tidak begitu menyukai gulai daging. Cara membuat gulai ikan kakap sangat mudah dan praktis
Nutrition Information
Serving size: 100g Calories: 92 Fat: 0,7g

Kandungan Nutrisi pada Ikan Kakap

Pembuatan gulai ikan cukup mudah dan sangat nikmat untuk dikonsumsi, sama juga seperi cara membuat omelet. Biasanya olahan ikan yang sering dihasilkan adalah Gulai Ikan Kakap Merah. Ikan laut memiliki kandungan gizi dannutrisi yang tinggi, termasuk pada ikan kakap. Oleh karena itu, mengolahnya menjadi gulai dapat menjadi salah satu cara untuk memperoleh berbagai kandungan tersebut. beberapa kandungan yang terdapat pada ikan kakap adalah lemak 0,7 gram, 20 gram protein, 92 kkal energi, 20 mg kalsium, 200 mg fosfor, 1 mg zat besi, 30 UI vitamin A, dan 0,05 mg vitamin B1.

Kandungan dan Manfaat Lain Pada Kakap

Selain itu, ada beberapa kandungan lain seperti selenium yang dapat mendukung fungsi sel darah putih serta diperlukan oleh kelenjar tiroid. Selenium juga merupakan salah satu antioksidan yang dapat mencegah serangan radikal bebas. Kandungan berikutnya adalah kalium sebanyak 444 mg dan berguna sebagai elektrolit dan mineral sehingga dapat menghindarkan dari berbagai penyakit. Kandungan lainnya adalah Omega 3 Asam Lemak, mengonsumsi ikan yang memiliki kandungan tersebut dapat membantu mengurangi resiko terserang penyakit jantung, kolesterol, dan penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis). Berbagai kandungan tersebut akan membantu menjaga kondisi dan kesehatan tubuh.

Baca Juga : Cara Membuat Bakso Ikan

Gulai merupakan olahan masakan yang lezat dan disukai banyak orang. Nah, tentu akan lebih baik jika menggunakan bahan gulai yang memiliki banyak kandungan nilai gizi juga, sehingga akan bermanfaat baik bagi tubuh. Selain gulai dengan bahan daging-dagingan, gulai yang dibuat dari ikan juga memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Banyak sekali Resep Gule Ikan Kakap mengenai cara pembuatan gulai dengan berbagai tips agar memperoleh rasa yang maksimal dan lezat. Salah satu olahan gulai yang lezat dan mengandung banyak gizi adalah Gulai Ikan Kakap.

Resep gulai ikan kakap di atas pun cukup mudah kan? Anda bisa mempraktekannya di rumah bagi Anda yang kurang begitu menyukai gulai daging sebagai solusi tepat untuk keluarga.