Resep Donat Madu Mulus Mengembang

Resep Donat Madu – Madu adalah bahan pemanis alami yang sudah sejak lama dimanfaatkan oleh manusia. Madu bisa menjadi bahan pemanis atau bahkan bahan penyehat badan. Sejak dahulu dipercaya kalau madu adalah pemanis yang lebih baik daripada gula. Namun, jika Anda ingin membuat variasi Resep Donat yang lebih sehat untuk dikonsumsi semua anggota keluarga, mengapa tidak mencoba membuat donat madu yang Mulus dan Mengembang saja? Dengan kandungan alaminya, madu akan lebih aman untuk dikonsumsi orang tua yang menderita diabetes dan kolesterol. Selain itu madu juga tetap baik untuk pertumbuhan anak.

Membuat Donat Sederhana dari olahan madu pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan Donat JCO dan Donat Apel pada umumnya. Hanya saja, disini Anda perlu lebih berhati-hati dalam menentukan porsi madu yang akan Anda pakai. Rasa manis memiliki sifat yang membuat cepat gosong gorengan, jadi adonan donat juga tidak boleh memakai madu terlalu banyak agar tampilannya bisa tetap cantik. Tenang saja, rasa donat yang gurih akan mampu dilengkapi dengan manisnya topping yang nanti akan dibuat. Namun donat madu juga enak disajikan selagi hangat dengan tampilan apa adanya, kok!

Apakah Anda tertarik untuk mencoba resep membuat donat madu yang manis dan sehat ini? Benar sekali, apa salahnya mencoba? Skill memasak memang perlu selalu dilatih agar bisa mencoba bahkan menciptakan varian-varian kombinasi masakan baru yang menjadi ciri khas Anda. Artinya, kalau bukan Anda yang membuat, maka rasa masakan itu akan berbeda. Membuat donat madu bersama si kecil juga bisa menjadi kegiatan menyenangkan yang berkualitas.

5 from 1 reviews
Resep dan Bahan Donat Madu
 
Prep time
Total time
 
Bahan / Bumbu :
Bahan-bahan:
  • 500 gram tepung terigu
  • 5 sendok makan madu
  • 3 butir kuning telur
  • 30 gram susu bubuk
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram margarin
  • 11 gram ragi instan
  • ½ sendok teh garam
  • 250 ml air
  • Minyak goreng secukupnya
Bahan pelengkap topping donat madu:
  • 200 gram biskuit oreo halus
  • 100 messes cake
  • 100 gram butter cream
  • 100 gram cokelat leleh
  • 100 gram keju parut
Cara Memasak :
  1. Pertama-tama, siapkan wadah untuk menguleni adonan. Kalau bisa harus cukup dalam dan besar, agar tidak menyulitkan tangan Anda.
  2. Setelah itu, masukkan semua bahan donat kecuali minyak goreng ke dalam wadah. Perlahan-lahan, uleni hingga adonan menjadi kalis.
  3. Bulatkan adonan yang sudah kalis menjadi bulatan besar, kemudian diamkan dalam wadah sambil ditutup dengan kain bersih. Tunggu kurang selama 30 menit sampai adonan mengembang.
  4. Jika sudah mengembang, kempiskan lagi adonan kemudian bagi menjadi bagian-bagian kecil kurang lebih 50 gram per bagian. Diamkan kembali selama 15 menit.
  5. Jika setelah 15 menit adonan akan tampak mengembang kembali, kempiskan, lalu bentuk bulatan dengan lubang di tengahnya. Diamkan kembali selama 15 menit.
  6. Siapkan minyak selagi Anda menunggu untuk menggoreng. Jika minyak sudah panas dan adonan juga tampak kembali mengembang, maka adonan donat madu Anda sudah siap untuk digoreng.
  7. Goreng donat selagi minyak panas sampai matang dengan ciri-ciri tampak kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  8. Tunggu donat dingin baru bisa dihias dengan topping sesuai selera Anda.

Membuat topping donat madu:

  1. Siapkan icing sugar secukupnya.
  2. Lelehkan cokelat batangan.
  3. Parut keju secukupnya.
  4. Haluskan biscuit Oreo sesuai kebutuhan.
  5. Anda bisa menghias donat dengan memakai semua bahan di atas. Gunakan kreatifitas Anda untuk mendapatkan kombinasi topping yang cantik dan memikat.

Donat madu merupakan menu jajanan yang selain enak juga sehat. Dalam proses membuat topping Anda bisa mengajak si kecil untuk bereksperimen mengkombinasikan topping sesuai dengan seleranya. Jangan terlalu banyak dibatasi, dan biarkan anak Anda asik dengan dirinya sendiri.

Baca Juga : Resep Keripik Kentang

Resep donat madu ini selain cocok dimasak di rumah, juga cocok untuk Anda adaptasi menjadi resep donat franchise untuk dijual. Donat madu memiliki harga pasaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan varian donat lain, karena donat jenis ini menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Karena itulah, Anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang bisnis Anda.