Resep Ayam Pop

Resep Ayam Pop khas Padang sangat mudah. Anda bisa langsung praktek di rumah menggunakan panduan dan resep yang ada dalam artikel ini, pasti sukses dan rasanya nikmat.

Anda baru mengenal dan membaca resep ayam pop dari judul artikel ini? Mungkin ada benarnya pepatah tak kenal maka tak sayang. Pepatah ini juga sepertinya layak untuk dijadikan perumpamaan untuk menu kuliner ayam pop. Nama makanan atau masakan ini merupakan kuliner khas dari tanah Minang. Ada yang unik dari nama ayam pop, yaitu ayam goreng yang proses memasaknya tanpa menggunakan lapisan kulit ayam. Sehingga Anda hanya akan menemukan daging ayam yang digoreng saja, apalagi jika ayam yang dipilih adalah ayam kampung. Tentu lebih sehat dan rendah kolesterol, namun bagi yang ingin lebih hemat bisa menggunakan ayam negeri.

Ayam Pop akan lebih lengkap jika cara penyajiannya dilengkapi dengan sambel khas ayam pop. Uniknya dari sambel ayam pop adalah berwarna jingga dan ada yang berwarna hijau dengan menggunakan cabai keriting hijau seperti sambal khas Padang. Apalagi jika ingat rasa pedas makanan Padang tentu yang terbayang adalah pedas luar biasa tapi tidak bisa berhenti jika sudah makan. Resep ayam pop Padang ini juga dilengkapi dengan menu lalapan dari daun singkong muda seperti di menu rumah makan Padang yang sudah menjadi ciri khas masakan Padang. Nah, supaya Anda tidak semakin penasaran, mari kita lihat resep nya di bawah ini menurut ResepIndonesia.Net:

5 from 1 reviews
Resep Ayam Pop
 
Prep time
Total time
 
Bahan / Bumbu :
Bahan-bahan yang digunakan:
  • 5 potong daging ayam bagian dada, paha dan bagian daging lainnya
  • Setengah potong jeruk nipis
  • 1 batang daun serai
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 500 ml air
  • Minyak secukupnya
Kemudian untuk sambal adalah:
  • 2 buah tomat matang segar
  • 8 cabai keriting
  • Garam secukupnya
  • 4 siung bawang putih
  • Sedikit air
Cara Memasak :
  1. Olesi daging ayam yang sebelumnya sudah diambil atau dikupas kulitnya sambil diolesi air jeruk nipis. Diamkan kurang lebih 10 menit supaya dagingnya lebih empuk teksturnya saat digoreng. Setelah itu, olesi kembali daging ayam dengan bawang putih dan garam serta ketumbar yang sudah dihaluskan, proses ini juga membutuhkan waktu 10 menit setelah dioles supaya bumbunya meresap ke daging.
  2. Siapkan panci dan panaskan menggunakan air sedang, masukkan 500 ml air sampai mendidih dan rebus daging di dalam panci. Tutup rapat supaya kaldu dan panasnya bisa maksimal.
  3. Setelah mendidih dan daging terlihat lunak, angkat serta tiriskan untuk mengurangi kadar air dalam daging.
  4. Selanjutnya proses dari resep ayam pop yaitu siapkan wajan untuk menggoreng ayam, siapkan minyak yang lebih banyak supaya pada saat menggoreng masaknya lebih maksimal. Usahakan bisa menenggelamkan daging saat menggoreng.
  5. Goreng ayam dengan api yang sedang dan sampai terlihat matang berwarna kecoklatan. Proses menggoreng ini sampai matang kurang lebih memakan waktu 5-10 menit.
  6. Sekarang tahap membuat olahan ayam goreng sudah selesai, berlanjut ke tahap membuat sambal ayam pop.

Adapun resep ayam pop khas Minang atau Padang untuk membuat sambal langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Kumpulkan semua bahan sambal dicuci bersih.
  2. Kemudian siapkan panci dan diisi air untuk merebus bahan sambal kecuali garam.
  3. Setelah semua bahan direbus dan terlihat matang layu selanjutnya dilembutkan menggunakan blender atau bisa secara manual. Tapi lebih baik menggunakan cara manual karena bisa menghasilkan cita rasa asli yang nikmat dan pedas.
  4. Campurkan dengan sedikit air pada saat melembutkan sambal supaya semakin mudah dalam proses melembutkan dan bumbu mudah menyatu.
  5. Proses membuat sambal sudah selesai dan resep ayam pop dari Padang sudah siap dihidangkan.

Anda bisa menambahkan lalapan dari daun singkong muda seperti di rumah makan Padang. Atau bisa diganti menggunakan bayam yang direbus atau kangkung, bisa juga daun pakis. Sekarang Anda cicipi dan nikmati lezatnya sambal Padang serta daging ayam empuk tanpa kulit. Pasti akan selalu ingin menambah nasi dan menghabiskannya kembali. Setelah resep ayam pop ini sukses membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa mengundang teman kerja atau saudara untuk makan bersama supaya lebih terjalin persaudaraannya.

Baca Juga : Resep Ayam Woku Khas Manado

Sebelum mengakhiri artikel ini, kami juga akan memberikan sedikit tips dalam memilih daging ayam yang baik. Misalnya pilihlah jenis ayam jantan untuk jenis ayam negeri atau boiler, karena mengandung kadar lemak yang lebih sedikit. Sedangkan untuk jenis ayam kampung, pilihlah yang masih muda supaya dagingnya tidak alot. Semoga panduan disini juga bisa membantu Anda untuk menghasilkan citarasa pop ayam seperti layaknya di restoran khas Padang yang nikmat dan tersohor di kota Anda. Demikianlah sedikit tips dan cara membuat ayam pop. Semoga ringkasan ini bisa menambah kekayaan daftar menu nusantara dari resep ayam pop khas Padang, selamat mencoba.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rate this recipe: