Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholat Istikharah Jodoh Untuk Mengiringi Proses Taaruf Syari

 

Sholat Istikharah Jodoh Untuk Mengiringi Proses Taaruf Syari

Salah satu adab dalam proses taaruf syari adalah mengingat Allah. Tentu saja ada banyak cara untuk itu. Salah satunya adalah dengan menjalankan sholat istikharah. Banyaknya stigma yang melekat pada proses taaruf membuat tak sedikit orang yang ragu melakukannya. Padahal Allah sudah menyiapkan cara untuk siapa yang sedang ada dalam keraguan.

Memahami Tentang Sholat Istikharah

Sholat istikharah hukumnya sunnah. Seperti yang diketahui, segala sesuatu yang sunnah akan memberikan pahala jika dikerjakan. Namun bagi yang tidak menjalankannya pun tidak akan berdosa. Sholat istikharah banyak dilakukan untuk mendapat petunjuk dari Allah ta’ala.

Waktu yang paling umum dalam menjalankan sholat istikharah adalah di sepertiga malam. Bahkan dalam keadaan mendesak, sholat istikharah bisa dilakukan kapan saja.

Namun ada tiga waktu larangan untuk menjalankan sholat istikharah. Yang pertama adalah waktu ketika matahari terbit. Yang ke dua adalah ketika matahari sedang berada di tengah. Dan yang terakhir adalah waktu ketika matahari sedang terbenam.

Tata Cara Sholat Istikharah

Ada banyak jenis sholat yang hukumnya sunnah. Salah satunya adalah sholat istikharah. Untuk menjalankannya ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Di antaranya:

1.      Bersuci

Bersuci merupakan salah satu rukun dalam sholat. Tujuannya adalah untuk membersihkan diri dari kotoran dan najis. Bisa dengan wudhu maupun tayamum jika dalam kondisi yang mendesak.

2.      Melafalkan Niat Sholat Istikharah

Salah satu hal yang membedakan antara satu sholat dengan yang lainnya adalah niat sholatnya. Dan doa untuk niat sholat istikharah yaitu “ushalli sunnatal istikhorooti rok’ataini lillahi ta’ala”. Yang memiliki arti “Aku berniat sholat istikharah dua rokaat karena Allah Ta’ala”.

3.      Menjalani Sholat Seperti Sholat Pada Umumnya

Tahap selanjutnya dalam sholat istikharah sama dengan sholat pada umumnya. Yang dimulai dari takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Namun surat pendek yang dianjurkan untuk dibaca pada rakaat pertama adalah surat al kafirun. Dan pada rokaat ke dua adalah surat al ikhlas.

4.      Berdoa

Doa di akhir sholat istikharah berisi tentang tujuan dijalankannya sholat tersebut. Yaitu untuk mendapatkan petunjut dari Allah.

Bagi yang sedang ingin mendapatkan jodoh, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan taaruf online di https://syaria.id/taaruf. Di sana ada banyak tuntunan doa yang bisa dijadikan acuan. serta berbagai fitur yang bermanfaat untuk meningkatkan keimanan.

Doa Yang Bisa Dibaca Dalam Sholat Istikharah Untuk Jodoh

Setelah niat, doalah yang membedakan sholat istikharah dengan sholat sunnah yang lain. Setelah selesai sholat, maka doa berikut ini yang bisa dibaca.

“Allahumma inni astakhii-ruka bi ‘ilmika, wa astaq-diruka bi qud-ratika, wa as-aluka min fadh-likal adziim, fa in-naka taq-diru wa laa aq-diru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amro khoiron lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faq-dur-hu lii, wa yas-sirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii, fash-rifhu ‘annii was-rifnii ‘anhu, waqdur lial khoiro haitsu kaana tsumma ardhi-nii bih”

Doa tersebut memiliki arti sebagai berikut:

Ya Allah, aku memohon petunjuk memilih yang baik dalam pengetahuan-Mu, aku mohon ditakdirkan yang baik dengan kodrat-Mu, aku mengharapkan karunia-Mu yang besar. Engkau Maha Kuasa dan aku adalah hamba-Mu yang dhaif. Engkau Maha Tahu dan aku adalah hamba-Mu yang jahil. Engkau Maha Mengetahui semua yang gaib dan yang tersembunyi tersebut memiliki  arti sebagai berikut:

Taaruf syari secara online melalui aplikasi semacam ini adalah jalan yang tepat bagi yang sedang ingin mencari jodoh. Terutama bagi akhwat dan ikhwan yang bingung memilih mediator yang tepat. Memilih jodoh tak hanya dengan hati, namun juga harus dengan hati-hati.