Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Cicipi saat Liburan ke Malang

7 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Cicipi saat Liburan ke Malang

Apakah kamu berencana liburan dalam waktu dekat?

Liburan seru tak harus dilakukan ke luar negeri, terutama di masa pandemi. Kamu bisa mencoba sensasi liburan seru ke berbagai kota besar di Indonesia. Apalagi kini reservasi hotel murah sangat praktis dan bisa dilakukan sejak jauh hari melalui Traveloka. Caranya sangat mudah lho. Kamu tinggal mengakses website atau aplikasi Traveloka kemudian tentukan destinasi tujuan dan jadwal liburan untuk memperoleh informasi lengkap seputar hotel murah.

Salah satu jaringan hotel murah dan berkualitas yang siap jadi pilihanmu adalah Amaris Hotel. Hotel budget populer ini tersebar di berbagai kota besar Indonesia, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Sumatera, Yogyakarta, Malang, Bali, hingga Nusa Tenggara. Jika kamu berencana berlibur ke Malang, kamu bisa banget nih booking Amaris Hotel melalui Traveloka.

Malang adalah destinasi wisata domestik yang menarik karena punya kekayaan alam istimewa dan variasi kuliner yang sangat beragam. Jika kamu akan mewujudkan rencana liburan ke Malang, jangan lupa mencicipi tujuh kuliner khas berikut ini:

Angsle

Cuaca kota Malang yang dingin pasti bikin kamu selalu ingin menyantap hidangan hangat, salah satu yang paling istimewa adalah angsle. Jika dilihat sepintas, angsle sangat mirip dengan sekoteng dari Jawa Tengah tetapi dilengkapi dengan bahan isian yang berbeda. Bahan isian angsle terdiri atas potongan roti tawar, kacang hijau rebus, ketan putih kukus, tape singkong serta petulo (putu mayang). Semua bahan angsle yang sudah ditata di wadah saji kemudian diberi kuah rebusan jahe yang masih hangat.

Rawon Dengkul

Liburan ke Malang belum lengkap tanpa mencicipi rawon dengkul. Kabarnya, dengkul merupakan bagian sapi terbaik untuk membuat rawon karena teksturnya sangat empuk. Seporsi rawon dengkul biasa disajikan dengan pelengkap berupa kecambah dan telur asin. Kenikmatan seporsi rawon dengkul dan nasi hangat pasti bikin kamu jadi selalu rindu ingin kembali ke Malang.

Bakso Bakar

Hidangan bakso kuah bukanlah hal asing bagi masyarakat Jabodetabek. Jika kamu tertarik mencicipi bakso dengan sensasi berbeda, cobalah bakso bakar ketika berlibur ke Malang. Ada beberapa tempat kuliner bakso bakar legendaris yang bisa kamu singgahi selama berada di kota Apel tersebut. Seporsi hidangan ini terdiri dari beberapa bakso yang dibakar dengan bumbu pedas manis sehingga cita rasanya sangat istimewa.

Rujak Cingur

Kuliner berikutnya yang identik dengan Kota Malang adalah rujak cingur. Menu spesial kebanggaan masyarakat Jawa Timur ini terdiri dari potongan cingur (hidung sapi yang sudah direbus), irisan tahu dan tempe, tauge, timun, dan kacang panjang. Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan campuran bumbu kacang dan petis yang kental dan gurih. Wah, sepertinya lezat banget, ya. Pasti kamu jadi tak sabar ingin segera mencicipinya.

Nasi Bakmoy?

Apakah kamu familiar dengan nasi bakmoy?

Menu yang satu ini juga termasuk kuliner khas Kota Malang. Isiannya sederhana karena hanya terdiri dari nasi potongan daging ayam, tahu, timun, dan telur ayam rebus. Seluruh bahan isian tersebut kemudian disiram dengan kuah panas berbumbu yang digunakan untuk merebus daging ayam. Cita rasa nasi bakmoy sangat gurih dan cocok disajikan pada momen apapun, terutama ketika cuaca sedang dingin.

Orem-Orem

Kota Malang punya kuliner khas berbahan dasar tempe yang disebut orem-orem. Seporsi orem-orem terdiri dari irisan tempe goreng berbumbu yang disajikan bersama suwiran daging ayam, telur asin rebus, dan siraman kuah santan kental. Walaupun mirip lodeh, penggunaan berbagai jenis bumbu dalam orem-orem membuat rasanya semakin gurih dan berbeda dengan hidangan berkuah santan lainnya. Jangan lupa mencicipi orem-orem saat liburan ke Malang karena kuliner ini tidak bisa kamu temukan di kota lain.

Mendol

Jika kamu termasuk pencinta tempe, kemungkinan besar kamu pasti menyukai mendol khas Malang. Mendol terbuat dari tempe yang dihaluskan dan diberi berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan kunyit. Tempe yang sudah dicampur bumbu lalu dibentuk menjadi bulatan-bulatan menyerupai perkedel lalu digoreng hingga kuning keemasan. Selain bisa disantap sebagai camilan, mendol juga sering dijadikan pelengkap soto ayam karena rasanya sangat gurih.

Selain ketujuh jenis kuliner tersebut, masih banyak hidangan khas lainnya yang tak boleh luput dari perhatianmu ketika berlibur ke Malang. Mari bergegas mewujudkan rencana liburan ke Malang supaya bisa menikmati kekayaan kulinernya.