Chiller dan Freezer Sama atau Beda?

showcase chiller

Pada saat membeli berbagai macam kebutuhan rumah tangga kamu pasti menemukan banyak sekali penjual kulkas, freezer atau jual showcase chiller. Hal ini dikarenakan mesin pendingin sangat dibutuhkan untuk menyimpan berbagai macam bahan makanan dan minuman agar lebih awet dan dapat digunakan kembali di lain waktu. Namun banyak orang yang terkecoh dan tidak bisa membedakan antara freezer dan chiller karena menganggap kedua benda tersebut sama, padahal dilihat dari namanya saja kedua hal tersebut pasti berbeda. Lalu apa yang membedakan antara freezer dan chiller? Berikut penjelasannya.

1. Standar Suhu

Suhu standar yang digunakan kedua mesin tersebut berbeda karena memang sejatinya mereka dirancang untuk keperluan yang berbeda. Pada mesin chiller mereka menggunakan suhu antara 0 hingga 10 derajat Celcius sedangkan pada mesin freezer menggunakan suhu di bawah minus enam belas hingga minum enam derajat Celcius. Tujuan dari pada perbedaan standard suhu ini adalah menjaga makanan agar tetap awet dan adanya pengembang biakkan bakteri. 

2. Bentuk Fisik

Cara yang paling mudah untuk membedakan antara dua mesin tersebut adalah dari bentuk fisik yang dimiliki. Walaupun satu mesin memiliki bentuk yang berbeda-beda namun memang ada beberapa ciri khas yang bisa kita ketahui dengan hanya melihat bentuk fisik masing-masing mesin. Untuk chiller biasanya mereka memiliki bentuk kotak tertutup terkadang juga kotak tersebut transparan. Sedangkan untuk freezer itu sendiri memiliki lebih banyak varian bentuk. Freezer ada yang berukuran besar sedang hingga kecil, biasanya memiliki kotak persegi panjang dengan pintu geser di atasnya. Ada pula yang berbentuk sangat besar hingga orang dapat masuk ke dalamnya yang disebut sebagai freezer box.

3. Fungsi

Tujuan utama adanya perbedaan antara chiller dan freezer adalah fungsi yang dimiliki. Freezer memiliki fungsi untuk mengawetkan makanan atau minuman untuk jangka waktu yang lebih lama karena makanan atau minuman yang di masukkan ke dalam freezer akan membeku. Beberapa barang yang dimasukkan ke dalam freezer seperti ikan, daging ayam, sayur-sayuran dan juga buah-buahan.

Sedangkan Chiller biasanya digunakan untuk mendinginkan makanan atau minuman untuk waktu yang relatif sebentar karena lebih sering digunakan. Beberapa makanan atau minuman yang dimasukkan ke dalam chiller seperti yoghurt, susu, keju, dan minuman lainnya. Apabila makanan dan minuman tersebut dimasukkan ke dalam freezer dan membeku maka orang tidak bisa langsung mengkonsumsi minuman tersebut.

4. Kapasitas Penyimpanan

Biasanya chiller memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada freezer, hal ini dikarenakan chiller menggunakan suhu yang lebih tinggi dari pada freezer dan lebih banyak bahan makanan dan minuman yang akan langsung digunakan, selain itu chiller juga bisa digunakan sebagai display produk sehingga orang lebih mudah untuk mengambil barang tersebut.  Sedangkan freezer biasanya digunakan untuk menyimpan persediaan makanan atau minuman agar bisa digunakan di lain waktu.

Itu dia perbedaan yang cukup signifikan antara chiller dan juga freezer yang bisa kamu gunakan sebagai pertimbangan sebelum membeli mesin pendingin.