Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Terbaru Kue Cincin Khas Betawi, Mirip Donat dengan Bentuk Lebih Kecil


Warga Betawi mana nih suaranya? Bisa jadi tak asing dengan kue khasnya, ialah kue cincin. Dikenal kue cincin sebab memanglah wujudnya menyamai cincin. Seragam dengan donat, cuma saja kue cincin ini mempunyai dimensi lebih kecil.


Memiliki cita rasa yang manis serta empuk, kue cincin ini pula tercantum salah satu kue tradisional yang jadi primadona. Penasaran dengan resepnya? Ayo ikuti berikut ini.


1. Sediakan bahan- bahan


Bahan- bahan:


  • 250 gr tepung beras
  • Parutan¼ kelapa tua
  • 150 gr gula merah
  • 150 gr gula pasir
  • 10 gr tepung tapioka
  • 200 ml+ 10 sdm air matang
  • 1 lembar daun pandan


2. Larutkan gula merah serta gula pasir


Awal, didihkan 200 ml air pada kuali, setelah itu sisir halus gula merah. Larutkan gula merah bersama gula pasir pada kuali bermuatan air mendidih. Potong- potong daun pandan jadi beberapa bagian setelah itu masak bersama air gula. Masak hingga gula mengental ya.


3. Diamkan adonan gula semalaman


Sedangkan itu menggongseng parutan kelapa hingga berwarna kecokelatan. Masukan tepung beras serta kelapa menggongseng ke dalam gula larut, lalu aduk- aduk sampai merata. Yakinkan adonan janganlah hingga empuk ya.


Sediakan wadah berlapiskan plastik ataupun daun pisang. Menuang adonan gula mulanya ke dalam wadah, tutup dengan lap bersih lalu diamkan selama semalam suntuk.


4. Tambahkan tepung tapioka


Selanjutnya tambahkan tepung tapioka serta 10 sdm air matang ke dalam adonan gula. Uleni hingga adonan gampang dibangun lalu diamkan kembali selama kurang lebih 6 jam supaya adonan esoknya manis dikala digoreng.


Bila adonan nyatanya empuk, kalian bisa menambahkan tepung ketan seperlunya hingga adonan bisa dibangun.


5. Bentuk adonan kue lalu goreng hingga matang


Ambil seperlunya adonan kue lalu bentuk adonan seperti cincin. Jalani tahap ini berkali- kali hingga adonan habis. Terakhir, panaskan minyak kira- kira banyak dengan api sedang untuk menggoreng. Goreng kue cincin sampai kecokelatan, lalu ambil serta tiriskan dari minyak.


Kue cincin ini sangat nikmat bila dihidangkan sebagai sahabat minum teh ataupun kopi di petang hari. Apakah kalian terpikat mencoba resep ini di rumah?